| |

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

IMG_8095.jpgIMG_8050.jpgIMG_8056.jpgIMG_8087.jpgDSC_0317.JPGDSC_0039.jpgIMG_7998.jpgIMG_8090.jpgIMG_8048.jpgDSC_0034.jpg

“Bersatulah semua, seperti dahulu,” sepenggal lirik lagu berjudul Pemuda mengingatkan kita, kaum muda, untuk kembali bersatu padu membangun Indonesia. Dengan tujuan ini, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda di tahun 2019 ini, SD Kristen Petra 10 mengangkat tema, “Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa, INDONESIA”.

O iya, ada yang menarik loh pada peringatan kali ini. Para siswa/ i beserta guru dan karyawan SD Kristen Petra 10 mengenakan baju daerah. Wah, berbagai macam adat dan budaya terlihat dari kostum yang dikenakan. Kami berpenampilan secara optimal. Ini menunjukkan bahwa semangat kebhinekaan  sudah ada dalam diri kami sejak kecil. Peringatan yang diselenggarakan tepat tanggal 28 Oktober ini diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Kapolsek Sukomanunggal. Dalam pidato sambutannya, beliau berpesan dan mengajak para generasi muda Indonesia harus memupuk rasa kepedulian akan negaranya sejak dini.

Diadakan juga beberapa lomba, diantaranya: fashion show, menyanyi lagu daerah, mengikrarkan Sumpah Pemuda, mewarnai, dan menggambar. Semua siswa terlibat dalam perlombaan tanpa terkecuali. Lomba fashion show yang diadakan untuk kelas I - IV sangat diminati. Terbukti banyak siswa yang berpartisipasi. Untuk lomba fashion show kelas kecil dimenangkan oleh Abel dari kelas IIIC yang mengenakan baju adat Dayak dan dari perwakilan kelas besar dijuarai oleh Tiffany kelas VIB yang mengusung tema Minahasa. Selain fashion show, diadakan pula pemilihan the Best Costume nih. Fabolous dari kelas IIIC dan Lionel dari kelas IVB menjadi pemenangnya. Memang kostum mereka sangat memukau sekali loh.

Tak kalah antusiasnya dengan lomba fahion show, para peserta lomba menyanyi lagu daerah pun menampilkan yang terbaik dari mereka. Lantunan lagu daerah mengayun dengan merdunya dari setiap perwakilan kelas. Dan perlombaan ini dimenangkan oleh kelas IIIA yang membawakan lagu Apuse. Atas kerja keras mereka yang memadupadankan kostum, suara, dan gerakan yang seirama, patutlah mereka meraih gelar juara tersebut.  Dalam perlombaan mengikrarkan Sumpah Pemuda pun, setiap perwakilan kelas mengucapkan Sumpah Pemuda dengan lantang dan tegas. Hasil jerih payah dalam berlatih dari kelas VIC pun terbayar dengan gelar juara yang mereka raih. Marjorie (VIC) juga mempersembahkan juara pertama di lomba menggambar dan Cherilyn dari kelas IC mendapatkan juara pertama dalam lomba mewarnai.

boost the values reap the success