| |

Kompas Generasi Baru (KGB)

kgb_06.jpgkgb_04.jpgkgb_02.jpgkgb_01.jpgkgb_03.jpg

Sebuah negara dapat maju dan besar manakala mempunyai sumber daya manusia yang handal. Sumber daya manusia yang handal tersebut juga harus diimbangi dengan karakter baik. Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Karakter itu bisa tampak melalui sikap peduli, saling menghormati, mau memaafkan orang lain dll.

Oleh sebab itu karakter harus dibentuk sejak kecil. Pembentukan karakter dapat dilakukan di rumah bersama orang tua, di sekolah dibimbing oelh Bapak/Ibu Guru.

Melalui kegiatan KGB ( Kompas Generasi Baru ) di sekolah, diharapkan karakter itu dapat dibentuk.

Asyikkkk... Betapa senang hatiku saat Bapak/Ibu membimbing kami melalui berbagai permainan, cerita yang menarik, dan membentuk karakter kami menjadi lebih baik.

Terima kasih Tuhan...

MENGATASI KONFLIK

Pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 yang lalu kami siswa-siswi SD Kristen Petra 10 mengikuti kegiatan PKK dengan tema “Mengatasi Konflik”. Kami belajar begaimana kami harus bersikap saat terjadi konflik. Siswa kelas II-III belajar melalui permainan “Lepaskan Aku”, kami harus berusaha melepaskan simpul pada tali rafia dengan syarat tangan tidak boleh lepas. Sedangkan siswa  kelas IV-VI belajar melalui permainan “Kartu Ajaib”, kami harus berusaha memecahkan konflik yang tertulis pada kartu. Kami jadi tahu dalam mengatasi konflik yang perlu diingat adalah berani mengakui kesalahan, selalu ingat panggilan untuk menjadi pembawa damai, bersikap rendah hati, berusaha minta maaf, mengampuni dan mencari jalan keluar untuk kebaikan bersama.

mengatasi_konflik_2.jpgmengatasi_konflik_4.jpgmengatasi_konflik_1.jpgmengatasi_konflik_3.jpg

Good Neighbourhood

Tetangga yang baik? seperti apa ya, kira-kira? Oh, ternyata menjadi tetangga yang baik itu bisa kita lakukan dengan peduli, menolong dan ramah terhadap tetangga kita. Alasan kita harus berbuat baik karena tetangga adalah orang terdekat kita setelah keluarga. Kita harus peduli dengan tetangga kita karena kita adalag makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Nah, pada hari Sabtu, 16 April 2016 yang lalu kami belajar tentang good neighbourhood melalui kegiatan kreativitas. Setiap siswa diibaratkan sebagai sebuah rumah, kami siswa kelas II-III berkegiatan melalui permainan memasangkan gambar – gambar sesuai pasangannya masing- masing seperti contohnya baju dan celana, lalu ditempelkan pada kertas buffalo dan diberi warna. Sedangkan siswa kelas IV-VI berkegiatan melalui permainan menyusun kata menjadi satu kalimat. Setelah membentuk kelompok kami berdiskusi mengenai arti dari kalimat tersebut dan kami juga berbagi satu dengan yang lain melalui cerita kami masing – masing sehingga kami dapat saling mengenal. Melalui kegiatan tersebut kami belajar bagaimana kami harus saling mengenal dengan tetangga kami.Nah, maukah kalian menjadi tetangga yang baik?

neighbourhood_2.jpgneighbourhood_4.jpgneighbourhood_1.jpgneighbourhood_3.jpg

KELEMBUTAN

Pada hari Sabtu, 12 Maret 2016 kami siswa – siswi SD Kristen Petra 10 mengikuti kegiatan kreativitas dengan tema “Kelembutan”. Siswa kelas II-III belajar melalui aktivitas menyusun gambar seri yang terambil dari cerita Alkitab menjadi satu cerita. Siswa kelas IV-VI belajar melalui aktivitas menyusun potongan kata – kata menjadi sebuah ayat di Alkitab, lalu mendiskusikannya kemudian mempresentasikannya didepan kelas. Dari kegiatan ini kami belajar untuk dapat bersikap lembut kepada teman dan sesama kami.

kelembutan_2.jpgkelembutan_1.jpg

PEMBAWA DAMAI

Mendengar kata pembawa damai sangat menyejukkan hati. Itulah yang menjadi tema Pendidikan Karakter Kristiani hari Sabtu, 20 Februari 2016. Pada kesempatan tersebut, kami diingatkan untuk selalu menjadi pribadi pembawa damai di mana pun berada. Kami menampilkan drama bagaimana kami menjadi pembawa damai di lingkungan sekolah. Memang kadangkala kami ada masalah dengan teman, tetapi kami selesaikan dengan baik dan saling memaafkan. Demikian juga saat adik – adik kami kelas I- III bermain ular tangga, hal itu juga melatih mereka menjadi anak – anak pembawa damai. Karena dalam permainan tersebut ada gambar-gambar yang menunjukkan sikap membawa damai dan ketidakdamaian.

pembawa_damai_2.jpgpembawa_damai_1.jpg

boost the values reap the success