| |

Testimoni orang tua Samantha kelas II-D

WhatsApp_Image_2020-05-16_at_14.22.04.jpeg_DSC0967.jpg1590651544678_WhatsApp_Image_2020-05-16_at_14.19.40.jpeg

Proses mendampingi belajar buat saya sebagai orang tua itu pilihan, mau dibuat menyenangkan atau stress. Karena pada saat mendampingi anak belajar, maka semua pekerjaan orang tua harus ditinggal dulu. Tetapi saya tidak mengalami kesulitan karena memang dari kecil semua anak saya sudah saya ajari untuk mandiri. Jika ada materi baru yang mereka belum paham, pasti saya atau papanya membantu menjelaskan. Pertanyaan yang diberikan oleh guru diusahakan mereka sendiri yang menjawab, kalau hasilnya kurang memuaskan pasti ada evaluasi dari guru dan orang tua. Project yang diberikan oleh sekolah, biasanya saya bertanya pada anak apa mereka paham, ide mereka bagaimana dan mau dibuat seperti apa. Saya mendorong anak-anak untuk bisa out of the box dan memberikan “lebih”. Bukan tujuannya untuk dapat nilai baik, tetapi lebih ke value karena memang kita harus memberikan yang terbaik.

Menurut saya pendampingan proses belajar ini memang upaya keras dari orang tua. Kebetulan anak saya 2. Tugasnya beda-beda, belum lagi tugas dari tempat les mereka masing-masing. Kalau yang memiliki anak banyak saya jamin orang tuanya pasti stress. Memang betul susah dan berat, tapi bukan mustahil. Kuncinya harus disiplin diri dalam membagi waktu

Kesan yang ingin saya sampaikan selama Study Home Learning Menurut saya kegiatan ini berhasil dengan baik. Anak-anak selalu excited kalau ada online class, apalagi sekarang semakin intens, sebelum waktunya online class dimulai Samantha sudah menyiapkan buku dan alat tulisnya serta duduk dengan wajah ekspresi kegembiraan yang nantinya akan bertemu dengan teman-teman dan gurunya. Menurut saya ini bagus, karena menciptakan rutinitas belajar,  tanggung jawab serta kedisiplinan buat anak. Tugas-tugas yang diberikan tidak memberatkan dan sesuai dengan porsinya. Pelajaran yang dibawakan juga kreatif.

Pada awalnya memang tidak terbiasa, terutama untuk orang tua yang tidak terbiasa mengajari anak, karena harus membagi waktu. Home Learning ini salah satu proses menuju ke era modern  positif yang baik untuk guru, siswa, maupun orang tua siswa. Kita harus bisa memanfaatkan teknologi dalam belajar dan memahami kalau belajar itu tidak selalu face to face, Guru-guru juga dapat lebih kreatif dan membuat anak belajar  dengan fun.


Oleh : Ibu Nathania Dewi Sutanto (orang tua dari Samantha Adrielle, kelas II-D) 

boost the values reap the success