| |

Entrepreneurship

Entre2

Melatih siswa berpikir kreatif dan memiliki mental kewirausahaan sejak dini adalah satu satu bagian dari kegiatan entrepreneurship yang diikuti oleh siswa-siswi kelas IV dan VI SD Kristen Petra 10 pada tanggal 26 Maret 2019. Siswa kelas VI dilatih membuat sebuah karya seni kerajinan tangan berupa gelang. Dengan jari jemarinya, mereka terlihat tekun dan antusias mengikuti arahan dari guru untuk mengolah bahan baku tali, yang kemudian dirangkai membentuk sebuah gelang. Meskipun terlihat simpel, namun proses pembuatannya membutuhkan ketekunan dan kerapian agar terlihat menarik ketika dikalungkan di tangan.

Making Our Own Sushi

IMG_9861.jpgSushi-2.jpgSushi-3.jpgSushi-1.jpgSushi-4.jpgIMG_9857.jpg

Kami, siswa-siwi kelas III SD Kristen Petra 10, mencoba membuat sushi dalam kegiatan entrepreneurship di sekolah yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 21 Maret 2019. Kami menyiapkan nasi, daging asap (smooked beef), sosis, telur dadar, dan nori (rumput laut kering), untuk bahan membuat sushi di sekolah. Kami menata bahan-bahan dan menggulung sushi dengan hati-hati supaya terlihat rapi dan menarik. Walaupun sedikit rumit dan perlu ketelitian, kami berusaha melakukan yang terbaik. Dan pada akhirnya, kami bisa membuat sushi yang akan kami nikmati bersama. Terima kasih bapak dan ibu guru yang sudah membantu kami semua.

Field Trip to Tugu Pahlawan

Pahlawan 1

Pada tanggal 27 Februari 2019, siswa-siswi kelas III SD Kristen Petra 10 mengikuti field trip ke Tugu Pahlawan. Mereka terlihat bersemangat dalam mengikuti field trip kali ini. Peserta field trip dibagi dalam dua kelompok, dan tiap kelompok mempunyai tour leader untuk memandu mereka saat berada di Museum Tugu Pahlawan. Tour leader menceritakan sejarah berdirinya museum dan berbagai koleksi benda bersejarah yang ada di Museum Tugu Pahlawan ini. Para siswa juga belajar tentang sejarah Kota Surabaya melalui film perjuangan rakyat Surabaya, serta melihat miniatur peperangan dan barang-barang bersejarah lainnya. Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan dan berharga untuk mereka. Kiranya perjuangan para pahlawan selalu menjadi motivasi bagi siswa untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Pahlawan 2

Pahlawan 3

Field Trip to Prodia

Prodia-4.jpgIMG_8247.jpgProdia-1.jpgProdia-2.jpgProdia-3.jpgIMG_8243.jpg

Pada 20 Februari 2019, siswa-siswi kelas II SD Kristen Petra 10 mengadakan field trip ke Laboratorium Prodia. Di sana, mereka diajak bermain games, melihat film mengenai kesehatan tubuh, serta mendapat penjelasan tentang cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan oleh dokter. Sebelum pulang, mereka diberi kesempatan berkeliling laboratorium untuk melihat alat-alat kesehatan. Beberapa siswa juga sempat bermain peran sebagai pasien yang disuntik untuk diambil darahnya. Siswa juga diajak untuk melihat sel darah merah melalui mikroskop. Field trip kali ini sangat menyenangkan dan menambah pengetahuan baru bagi siswa.

Serunya Belajar Bersama

Gunung berapi 1

Wah.. serunya pelatihan Science kali ini teman-teman! Para siswa berkelompok untuk melakukan percobaan gunung meletus. Mereka telah menyiapkan cuka, soda kue, air, deterjen, pewarna makanan, dan plastisin. Mereka membuat miniatur gunung dari plastisin kemudian setelah itu memasukkan semua bahan yang sudah disiapkan di kawah buatan. Maka ketika bahan tersebut dicampur, keluarlah buih-buih menyerupai magma yang keluar dari gunung berapi. Hal tersebut terjadi karena reaksi dari soda kue dan cuka yang menghasilkan karbon dioksida sehingga muncul buih-buih. Para siswa sangat antusias membuat replika gunung apalagi ketika mencampur bahan dan melihat buih-buih tersebut muncul.

gunung berapi 2

Pembelajaran di kelas juga sangat menyenangkan. Pada pembelajaran materi gerhana matahari dan bulan guru kelas VI mengajak siswa untuk praktik dengan menggunakan bola dan senter. Para siswa berkelompok kemudian menyusun posisi tiga bola sebagai matahari, bulan, dan bumi. Lewat praktik tersebut siswa diajak membuktikan akibat terjadinya gerhana matahari dan bulan. Para siswa juga diajak menemukan alasan terjadinya gerhana matahari cincin, total, dan sebagian. Para siswa terlihat sangat penasaran dan antusias melakukan percobaan untuk menemukan jawaban terjadinya gerhana.

20190204 102542

20190204 104658

boost the values reap the success