| |

Doa Kami

IMG-20200420-WA0022.jpgIMG-20200420-WA0031.jpgIMG-20200420-WA0026.jpgIMG-20200420-WA0019.jpg

“Doa Kami”, itulah sepenggal judul lagu hits dibawakan oleh Sidney Mohede yang mengandung makna sebuah doa dan harapan untuk kehidupan yang baik bagi bangsa Indonesia. Lantunan lagu dan lirik yang sangat menarik ini dikemas dengan nuansa yang berbeda oleh keluarga besar SD Kristen Petra 10 terdiri dari guru, karyawan, siswa, hingga orang tua yang juga ikut berkolaborasi. Lagu yang dinyanyikan ini tentunya juga mengandung sebuah makna agar bangsa Indonesia lekas pulih dari situasi pandemi Covid 19. Selain itu juga memotivasi siswa dan guru agar bersama-sama bergandeng tangan membantu pemerintah untuk memutus mata rantai Covid 19 dengan tetap di rumah dan berkarya di rumah.

Selama hampir 2 minggu proses rekaman lagu berlangsung. Seluruh siswa, guru, dan karyawan bahu membahu untuk menampilkan suara terbaiknya. Karya lagu doa kami inipun baru dipublikasikan ke keluarga besar SD Kristen Petra 10 pada tanggal 14 April 2020. Perasaan haru dan senang dirasakan oleh semua tim yang terlibat serta orang tua siswa. Sebuah karya terbaik dari keluarga besar SD Kristen Petra 10 untuk negeri Indonesia. Semoga pandemi Covid 19 segera berakhir dan siswa kembali ke sekolah untuk belajar. Tuhan Yesus memberkati.          

Fun Gym

IMG 1468

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Hal ini tentunya diperlukan sebuah kebiasaan yang dimulai sejak usia Sekolah Dasar. Salah satu kebiasaan hidup sehat tersebut adalah melalui kegiatan berolahraga. Fun gym adalah salah satu contohnya. Bertempat di halaman SD Kristen Petra 10, siswa SD mulai dari kelas 2-4 bersama-sama melakukan fun gym pada tanggal 28 Februari 2020. Fun gym membuat siswa lincah bergerak. Dengan bergerak peredaran darah ke otak menjadi lancar sehingga siswa tidak hanya tumbuh sehat tapi juga cerdas.

IMG 1583

Kegiatan ini dipandu oleh instrukstur senam. Beliau melatih siswa dengan berbagai gerakan menyenangkan. Lagu yang dibawakan juga sudah dikenali siswa sehingga sepanjang kegiatan fun gym, siswa terlihat sangat antusias menirukan gerakan. Mereka bergerak dengan penuh sukacita sambil bernyanyi dan tertawa mengikuti alunan lagu. Sungguh kegiatan yang menyenangkan. Tetap menerapkan hidup sehat ya teman-teman dengan berolahraga. Tuhan Yesus memberkati.

Follow Me

IMG 1665Follow Me itulah tema PD (Persekutuan Doa) yang diikuti oleh seluruh siswa SD di PPPK Petra Surabaya. Perayaan PD di SD Kristen Petra 10 berlangsung pada tanggal 6 Maret 2020 bertempat di aula sekolah bersama dengan Ibu Hanna Yulianik, S.Th selaku pembicara. Dalam khotbahnya, beliau menjelaskan bacaan injil Markus 10:17-27 yang di dalamnya mengandung pesan “Follow Me” yang mengingatkan kita agar tetap berada di jalan yang benar dan mengutamakan kehendak Tuhan dibandingkan hal-hal yang lain.

Ibu Hanna mencontohkan perkembangan media sosial yang memudahkan mengakses informasi dan layanan menarik di smartphone. Situasi ini diharapkan tidak membuat anak larut sehingga memposisikan hal duniawi pada smartphonenya. Anak diharapkan tidak lalai pada tanggung jawabnya sebagai siswa untuk belajar. Firman Tuhan dapat menjadi teladan yang membantu setiap sikap-perkataannya selaras dengan kehendak Tuhan. 

Secara keseluruhan siswa menikmati kegiatan PD ini. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk melayani Tuhan seperti tergabung dalam paduan suara hingga memimpin pujian. Situasi ini tentunya semakin memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa sebagai pengikut Tuhan yang siap melayani bagi sesama. Mari kita lakukan seperti yang Tuhan lakukan. Tuhan Yesus memberkati.

IMG 1643

IMG 1663

IMG 1645

Napza & Sex Education

IMG_0658.jpgIMG_0643.jpgIMG_0734.jpgIMG_0672.jpg

Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) & sex education itulah materi seminar yang diberikan kepada siswa kelas IV SD Kristen Petra 10 pada tanggal 14 Februari 2019. Seminar yang bertempat di SD Kristen Petra 10 ini diikuti oleh 104 siswa sebagai bekal pengetahuan dalam mempersiapkan siswa memasuki usia remaja. Seminar berlangsung 2 sesi yang diawali dengan pembahasan terkait Napza oleh dr Agustinus. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan berbagai jenis obat-obatan terlarang, zat adiktif seperti rokok dan alkohol. Materi yang dibawakan dengan sangat menarik ini memunculkan berbagai pertanyaan dari siswa seputar resiko mengkonsumsinya. Dengan sangat tegas dr Agustinus mengatakan jangan sekali-kali mencoba karena dapat membahayakan tubuh dan merusak mental seseorang. 

Sesi kedua dilanjutkan materi sex education dengan 2 pembicara yang berbeda yakni dr Agustinus untuk siswa laki-laki dan dr Emielia Husodo untuk siswa perempuan. Materi ini juga diberikan ditempat yang terpisah antara siswa laki-laki dan perempuan dengan harapan siswa nyaman mempelajari materi yang diajarkan. Sex education yang dipelajari adalah seputar sex yakni jenis kelamin dan anatomi organ reproduksi. Salah satu point yang ditekankan adalah terkait dengan upaya menjaga kebersihan diri dan pentingnya menjaga diri agar terhindar dari tindak pelecehan sexual.      

Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. Siswa sangat antusias mendengar dan aktif bertanya. Melalui seminar ini siswa mendapatkan pembelajaran yang bermakna sebagai bekal mempersiapkan diri memasuki usia remaja. Demikian seputar kegiatan seru kami di sekolah. Tuhan memberkati.    

Perayaan Natal SD Kristen Petra 10

Sang Tunas Pembawa Harapan… itulah tema Natal pada tahun ini yang diikuti oleh seluruh siswa SD Kristen Petra 10. Kegiatan yang berlangsung di aula sekolah ini berlangsung sebanyak dua kali. Kegiatan pertama diawali dengan kebaktian Natal pada tanggal 12 Desember 2019. Kebaktian ini dirayakan sebagai bentuk harapan karena mulai berkurangnya rasa toleransi dan kepedulian terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Doa dan harapan disampaikan terhadap permasalahan yang dialami oleh bangsa, sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air.

Tidak hanya kebaktian saja, perayaan Natal dilanjutkan pada tanggal 17 Desember 2019, dengan menampilkan kreativitas siswa, seperti bernyanyi, memainkan musik, membaca puisi, hingga dance yang dikemas dengan tema Natal. Siswa yang tampil terlihat sangat antusias dan benar-benar menyiapkannya dengan baik, mulai dari konsep penampilan hingga pakaian yang digunakan. Adanya kegiatan ini benar-benar memberikan pemaknaan istimewa bagi siswa dalam menyambut Natal. Salam damai Natal buat teman semua…! Tuhan memberkati.

boost the values reap the success