| |

Perayaan HUT Republik Indonesia ke-74

IMG 6232

Memasuki bulan Agustus, penduduk Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Begitu pula dengan SD Kristen Petra 10 Surabaya, yang turut memeriahkan pesta kemerdekaan ini. Berbagai kegiatan yang diadakan, mulai dari perlombaan, fun walk, dan bazaar, diikuti oleh seluruh siswa – siswi SD Kristen Petra 10 dengan semangat.  Semua kegiatan ini dikemas dalam satu tema yaitu “United We are Stronger”. Perlombaan dimulai dengan proses seleksi yang telah berlangsung sejak tanggal 5 Agustus 2019. Perlombaan untuk kelas I yaitu mengelompokkan warna, magic carpet ride untuk kelas II, tiup pimpong untuk kelas III, tangkap bola untuk kelas IV, Aerial Ace untuk kelas V, dan badminton estafet untuk kelas VI, semua berjalan dengan lancar.

IMG_6232.jpgDSC_0061.jpgIMG_5767.jpgIMG_5905.jpgIMG_5781.jpg
 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2019/2020

IMG 4686

Yeay! Saatnya kembali ke sekolah. Hari pertama masuk sekolah tahun ini, SD Kristen Petra 10 Surabaya menyambut siswa/ siswi dengan meriah. Kali ini beberapa siswa/ siswi dari kelas VI mengenakan kostum layaknya raja dan ratu dari sebuah kerajaan. Mereka menyambut hangat teman-teman dan adik kelas dengan berjabat tangan di pintu masuk sekolah. Bagian depan sekolah yang sudah didekorasi menjadi sebuah istana berwarna pink cerah membuat siswa/ siswi tambah bersemangat mengawali hari pertama mereka.

IMG_4591.jpgIMG_3674.jpgIMG_4652.jpgIMG_4686.jpgIMG_3825.jpgIMG_4276.jpgIMG_4390.jpg
 

Terkhusus siswa/ siswi kelas I, pada tanggal 15 – 17 Juli 2019, wajib mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau disingkat MPLS. Kegiatan ini bertujuan agar mereka yang baru saja beralih dari taman kanak-kanak merasa senang masuk pertama kali ke sekolah baru dan supaya mereka bisa beradaptasi dengan guru beserta teman baru.

Dalam MPLS tahun ini, siswa/ siswi kelas I melakukan banyak kegiatan menarik. Mereka diajak bermain, bernyanyi, menari, membuat burger, membuat topi, dan mengikuti fun walk. Para guru juga mengajak mereka untuk berkeliling sekolah. Tujuannya adalah supaya mereka mengenal lingkungan sekolah. Selamat menjalani tahun ajaran baru 2019/2020 ya, teman-teman. Tuhan memberkati kita dari tahun ajaran yang baru ini.

Parenting Menyambut Siswa Baru

IMG 3909

Seperti tahun – tahun sebelumnya, dalam menyambut tahun ajaran baru 2019/2020, SD Kristen Petra 10 Surabaya mengadakan parenting untuk orang tua siswa/ siswi kelas I. Kegiatan parenting ini diadakan pada tanggal 12 Juli 2019 dengan tema “Menolong si Pejuang Cilik” yang dibawakan oleh ibu Elly Prasetyo, M.Psi. Kegiatan parenting berlangsung selama 2 jam yaitu dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00. Kegiatan ini bertujuan untuk memberitahukan informasi baru bagi para orang tua dalam mempersiapkan putra/ putri mereka untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi yaitu jenjang sekolah dasar. Dengan kegiatan ini pula, diharapkan agar para orang tua bisa menanamkan sikap kedisiplinan dan rasa tanggung jawab dalam rutinitas keseharian mereka. Setiap orang tua yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan parenting berjalan dengan lancar.

IMG 3929

Asyiknya Berkemah Satu Hari di Sekolah

persari7

PERSARI, Perkemahan Satu Hari yang diadakan SD Kristen Petra 10 hari Jumat, 14 Juni 2019 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IV mulai pukul 07.10-17.00. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan, kerjasama, mengembangkan sifat kepemimpinan, kepercayaan diri, kemandirian dan rasa tanggung jawab yang dirangkai dalam bentuk kegiatan Pramuka yang menarik. Acara diawali dengan upacara pembukaan. Pada kesempatan ini, petugas upacara telah dipersiapkan sebelum acara, dengan mengikuti latihan baris-berbaris. Dengan penuh percaya diri, para petugas mampu menjalankan perannya dengan baik.

persari5.jpgpersari4.jpgpersari3.jpgpersari1.jpgpersari8.jpgpersari6.jpgpersari7.jpgpersari2.jpg
 

Selama satu hari, para siswa mengikuti berbagai macam kegiatan. Para siswa harus mengunjungi 6 pos, seperti halang rintang, teori sejarah Pramuka, kegiatan melatih kepekaan indera penciuman dan perasa menggunakan beberapa media, dan latihan PBB. Acara ditutup dengan tampilan siswa di sore hari seperti menyanyi,dance dan lainnya. Secara keseluruhan, acara berlangsung lancar, dan semua siswa terlihat antusias. Melalui kegiatan PERSARI, diharapkan para siswa menjadi generasi penerus bangsa yang ceria, tangguh, bertanggung jawab, dan takut akan Tuhan.

It’s Enough for me

its2

Segala puji syukur hanya bagimu Tuhan, sbab Kau yang layak dipuji. Kata-kata ini adalah sepenggal lirik pembuka acara yang dinyanyikan pada ibadah penutupan tahun ajaran 2018/2019 pada hari Senin, 17 Juni 2019 bertempat di auditorium SD Kristen Petra 10. Ibadah yang bertema It’s Enough for Me dikutip dari injil Amsal 15: 16-17, menyebutkan bahwa lebih baik sedikit barang disertai takut akan Tuhan dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. Melalui ayat ini, Pendeta Yosafat Kristono memberikan pesan firman agar para siswa selalu menjadi pribadi yang rendah hati atas segala berkat pemberian yang Tuhan berikan dan tetap mengikuti teladan Kristus.

its1

Siswa juga diminta untuk selalu mengucap syukur terlebih atas rahmat penyertaan yang Tuhan berikan sepanjang satu tahun hingga naik kelas. Semoga pada tingkat yang baru seluruh siswa senantiasa diberi rahmat dan penyertaan Tuhan. Sebelum menutup ibadah, pendeta Yosafat Kristono mengingatkan siswa untuk menjadi saksi Kristus. Ibadah berjalan dengan lancar dan tertib.

its3

boost the values reap the success